Johari Windows!


 Siapa yang gatau Johari Windows..? Uuuuwgh kuno deh klo ga tau.. Makanya klo butuh-butuh pengembangan diri sering-sering perluas wawasan.. Baca buku diluar bidang studi kita yang kira-kira cukup menunjang untuk bermasyakarat.. (*so teuuuu banget).

Wangsit dari Mbah Similikitibalabala.. “‘The Johari Window was invented by Joseph Luft and Harrington Ingham in the 1950s as a model for mapping personality awareness. By describing yourself from a fixed list of adjectives, then asking your friends and colleagues to describe you from the same list, a grid of overlap and difference can be built up.” (*roaming ya mbah…??).

Hari ini buBozz bikin move lagi. Meeting pagi yang makin jarang dilakukan, tiba-tiba diadain lagi.. And you know by know-some how-do you how do do doonk.. Pasti do’i bikin kezutan segerrr…

Hari baru, minggu kedua abis ramadhan.. Kita diajak evaluasi diri.. Mungkin kemsudnya kita jadi tau ada perubahan positif ga di diri kita dalam pandangan co-wokers sa’ FTM. Ada hasil ga puasa-puasa kita selama Ramadhan?

Setelah bla-bla ada doa bersama.. Eh ternyata diselip acara mba’Iin (VP), biangnya buBozz ultah. “Met olang taun semoga umurnya berkah lahir bathin dunia akhirat yaah” amin. Tau-tau seorang pria di sebelah kiri daku, sebut saja nama dia si boejang, bilang ” Mba ada tissue ga…??” (*Nape..??) “Tiba-tiba kok gw terharu yah? Tapi keluar lewat idung..” (*haaalgh meler hahah).

(*udah gpp.. gw sebut aja si bujang tadi namanya Ramon heheh, sori Mon.. Menampilkan sisi perikemanusiaan loe boleh jugakan? Disamping sisi dugem loe yang ajip-ajip ga kunjung insyap).

Then pembagian Kertas HVS kosong dimulai deh. Eng ing eng.. diberi nama, dibagi dua bagian, positif dan negatif, tempel di punggung masing-masing pake isolasi (*ya iya dong masa pake karet gelang, ribet, kriput-kriput kertasnya ntar).

Hunting faaans dimulai!.. Jujur-jujuran.. demi koreksi penyempurnaan diri dimata Allah.. (*cuwwiih jauh banget mpok – tapi bisa jadi bener juga kan? Salah satu media gadasalahnya)

Dan inilah hasil daku..

Negatif-nya dulu aaah…

1. Bawel (*ini pasti..secara klo diem aja dunia sepi, malah kaga bisa mikir)

2. Cerewet (*sobatnya bawel, tapi tanpa mencereweti diri sendiri, pasti daku lebih banyak cacat.. hehe bisssa ajah ngeles) eh berarti yang kena cerewetan gw bersyukurlah.. masih ada yang merhatiin yang penting tujuannya positif, beda loh cerewet dengan ikut campur. Ikut campur berarti suatu kegiatan yang visi misinya ga jelas.. (*tuukan cereweeeet heheheheh)

3. Suka ceramah yang ga penting (*hahah yang nulis pasti dendem nih.. gapapa, secara ‘ceramah’ cuma sekali, jadi ga bisa dibilang suka/sering. Berarti ketauan waktu itu, wlo pake logika, asosiasi.. kupingnya bumpet.. jadi ga da percikan perpindahan informasi elektron2 di syaraf2 otak n hati..- masa seeh ;)… )

4. “Mbaaaa pulang jangan malem-malem” (*heheh wah banyak nih yg nulis..ada 4..ohh brarti orang sekitar cube niih, ketauan hahah, Iya deh.. kemsudnya, jaga badan, kesehatan.. but pulang malem kereta lega booo’)

5. Sering telat…(???) ooh disambung ma dia dengan kata “dulu”. Ehhe lega.. Ma’enyaak.. Dulu gimana ga telat2an? Penuh perjuangan buat berangkat kerja, ngikutin jadwal kereta Pakuan Express Bogor dan segala tetekbengeknya. Untungnya sekarang di KPPTI, jadi, nyampe Gambir, kantor dah di depan mata.. Ga perlu lagi nunggu lama masuk Manggarai/Gambir untuk turun di Juanda, udah gitu prihatin banget Pakuannya 11rb masih ngojek pula 17rb Juanda-DM (*lumayan harusnya bisa buat banyak2in sedekah, gpp emang gilirannya bagi rejeki ke ojekers dulo).

6. Jangan lepas kontrol, yang sabar, terlalu saklek.. (*nah yang ini memang case chususon alias akan keluar klo special case ajah.. sebab memang ga suka liat yang munafik2.. Liat2 orangnya lah.. Kan konoon kabarnya orang harus inget takut mati, nah berarti dari sekarang harus ada bekel duunk..??)

Nah sekarang baru yang positifnya.. (*bilipit or not deh -catatan: biar ringkes kalo ada sifat sama disebut berulang, maka penulisannya ta’ jadiin satu aja..)

1. Creative 2. Rajin(*sumpeeloo??) 3. Ramah 4.Helpfull 5.Rapih (*ihihi bener niiih?? Meja gw hiks, didustai hiks hihi…) 6. Lucu 7. Rame 8.Penegak kebenaran (*pahlawan bertopeng kali) 9.Pengajar (*ni yg nulis kok tau yah? Dl mmg pernah ngajar ngaji anak2 dhuafa di Sunda Kelapa, hehe seneng nganjarin satu anak, yg lain jumpalitan di blakangnya, so many angel there!) 10.Berani mengemukakan pendapat(*terbiasa sejak SMP kunjungan ke sekolah2 kali yah..) 11. Perhatian 12.Lemah lembut (*waaaks..) 13.Baik 14.Pemurah 15.Smart

Buat yang mau ikutan cari feedback, bisa buka link berikut:

http://kevan.org/johari?name=Prikitiw

Disini temen-temen bisa bikin Johari Windows atas nama sendiri, klik aja bagian get your own Johari Window 

Yah okay… semoga yang jelek2 bisa buat koreksi diri, yang kliatannya bagus bisa tetep dipertahankan ..jadi ga palsu en basi… Bagitu deeh… Sekie wae..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: